Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia

Tentang MKI

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) adalah suatu wadah yang dibentuk pada tahun 1998 atas gagasan Menteri Pertambangan dan Energi bersama pelaku sektor ketenagalistrikan Indonesia sebagai forum komunikasi, koordinasi dan konsultasi bagi segenap pelaku ketenagalistrikan Indonesia.

MKI adalah organisasi yang bergerak dalam kegiatan untuk menghasilkan pemikiran guna menumbuh kembangkan industri ketenagalistrikan di Indonesia, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Keanggotaan MKI mencakup semua unsur yang bergerak dan terkait secara langsung dengan kegiatan ketenagalistrikan di Indonesia, baik nasional maupun internasional.

Sesuai dengan ketentuan dalam Undang – undang No 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, dalam upaya mengembangkan suatu landasan yang luas dan terpadu dari rancangan umum sistim ketenagalistrikan nasional, Pemerintah Indonesia perlu memperoleh masukan berupa pendapat dan pandangan umum masyarakat dan industri. MKI merupakan mitra pemerintah yang tepat untuk memberikan masukan dan pandangan yang luas dan berkualitas mencakup aspek teknologi, bisnis dan regulasi karena lingkup keanggotaan MKI yang menyeluruh dari pelaku ketenagalistrikan hulu sampau ke hilir, termasuk perseorangan, perusahaan, asosiasi dan konsumen.

Salah satu manfaat keanggotaan MKI adalah bahwa posisi atau pandangan, saran dan pendapat setiap anggota sebagai pelaku sektor ketenagalistrikan dapat disalurkan dan mempunyai peluang untuk didengar oleh pembuat kebijakan karena dilandasi ketentuan undang – undang. Dengan struktur organisasi MKI yang berdasarkan tim, setiap anggota dapat berpartisipasi aktif pada tim pilihannya dan menyampaikan pendapat baik dari segi profesi, bisnis maupun pandangan umum dalam memecahkan masalah dan menaggapi isu yang berkembang. Meskipun MKI telah memberikan tanggapan atau pemikiran terhadap suatu permasalahan atau isu, anggota dibenarkan memberi pendapat yang bebeda.

Manfaat keanggotaan MKI lainnya yang tidak kalah penting adalah jaringan informasi atau networking antar anggota untuk bertukar informasi dan pengalaman. Dalam era globalisasi, informasi yang akurat, cepat dan tepat waktu merupakan komoditas penting untuk meningkatkan kemampuan perorangan dan organisasi dan dapat membuka peluang usaha yang lebih baik

Melalui lokakarya, seminar dan konvensi yang diselenggarakan oleh MKI, anggota MKI dapat meningkatkan kemampuan intelektual di bidang teknologi, bisnis, relasi maupun pengembangan diri secara terarah dan efektip peran MKI bagi pengembangan sektor ketenagalistrikan Indonesia:

  • Meningkatkan partisipasi seluruh potensi di bidang ketenagalistrikan secara optimal dan profesional.
  • Membangun sinergi potensi nasional di bidang ketenagalistrikan secara dinamis, adaptis serta etis guna mendukung iklim persaingan yang terrbuka dan rasional serta efisien, sehingga pemakai tenaga listrik mendapatkan tenaga listrik dengan harga terjangkau.
  • Mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan restrukturisasi sektor ketenagalistrikan.
  • Memberi masukan kepada pemerintah Indonesia, sesuai dengan ketentuan dalam undang – undang No 30 / 2009 tentang ketenagalistrikan